Tata Cara Gunakan NusaX

Apa itu Nusax?

NusaX adalah platform baru yang berasal dari Indonesia untuk transaksi Bitcoin, Ethereum dan aset digital lain nya yang memprioritaskan keamanan, kemudahan kecepatan dan biaya transaksi yang murah. Di NusaX, kita dapat membeli aset digital menggunakan Rupiah dan Bitcoin

Daftar Nusax

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar di NusaX

Akses https://nusax.co.id/ dari browser anda, klik “Daftar Sekarang”. Lalu anda diminta memasukkan alamat email dan password. Selanjutnya klik “REGISTER NOW”

Anda akan diminta untuk memeriksa email yang telah anda daftarkan. Anda akan menerima email seperti gambar di bawah ini. Klik tautan yang tersedia untuk verifikasi akun NusaX anda.

Setelah alamat email berhasil diverifikasi anda akan diminta untuk verifikasi data pribadi, nomor telepon dan two-factor Authentication. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan transaksi anda di NusaX.

Untuk verifikasi data pribadi, silakan klik “Kirim Verifikasi Akun”. Selanjutnya isi data pribadi anda sesuai dengan kartu identitas anda misalnya KTP. Isi semua informasi yang dibutuhkan termasuk foto KTP dan foto diri sambil memegang tulisan “Verifikasi Registrasi di Nusax.co.id” yang telah ditandatangani. Klik “Update”

Setelah anda memasukkan semua informasi dengan benar, NusaX akan memverifikasi data anda. Hal ini membutuhkan waktu. Status autentikasi akan berubah menjadi “Verifying”

Jika status anda sudah diverifikasi oleh pihak NusaX, anda akan menemukan keterangan seperti di bawah ini:

Selanjutnya untuk meningkatkan keamanan login ke NusaX, daftarkan 2-factor authentication. Caranya dengan klik tombol “Enable 2FA” pada layar My Profile. Setelah itu ikuti petunjuk untuk mengaktifkan 2-factor authentication mulai dari menginstall aplikasi google Authenticator di ponsel pintar anda, memindai qr code dan terakhir mengisi 6 digit dari aplikasi tersebut. Lalu klik tombol “Update”

Setelah berhasil, setiap kali login ke NusaX.co.id anda akan diminta memasukkan 6 digit angka dari Google Authenticator.

Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan nomor telepon anda agar akun NusaX anda lebih aman. Caranya klik tombol “Set” pada bagian nomor telepon. Layar selanjutnya meminta anda memasukkan nomor telepon lalu, SMS akan terkirim ke nomor tersebut untuk memberitahukan kode 6 digit. Masukkan kode tersebut lalu klik “ACTIVATED”

Setelah akun anda terverifikasi, anda dapat menggunakan Wallet yang tersedia. Di menu Wallet, anda dapat mengetahui alamat digital aset (kriptocurrency) termasuk MAME.

Deposit Kriptocurrency

Untuk deposit Kriptocurrency contohnya MAME, anda dapat menyalin alamat wallet MAME di NusaX, lalu melakukan pengiriman menggunakan alamat tersebut. Contoh di bawah ini adalah contoh pengiriman MAME dari Discord resmi mameCoin. Dari discord ketik command: ,withdraw [alamat MAME di wallet] [jumlah MAME]. Berikut adalah contoh heraldo melakukan withdrawal mame dari Discord ke wallet NusaX sebesar 20000MAME. Terlihat ada potongan biaya transaksi sebesari 300 MAME, jadi total yang terkirim adalah 19700MAME

Setelah transaksi dari discord ke Nusax terverifikasi, anda dapat mengecek riwayat deposit untuk memastikan transaksi anda berhasil. Contoh di bawah ini menunjukkan jumlah 19700MAME telah diterima.

Deposit RUPIAH

Setelah anda berhasil verifikasi akun dengan data pribadi, anda dapat memulai deposit IDR. Untuk deposit rupiah, klik “Wallet” pada menu di atas layar NusaX.

Klik tombol biru “Deposit” pada baris IDR.

Masukkan informasi pengiriman yang ingin anda lakukan, lalu klik tombol “Deposit”

Setelah itu anda akan melihat informasi ke mana anda harus transfer uang. Ikuti instruksi tersebut dengan teliti. Untuk membatalkan transaksi, anda dapat klik pada tombol “Batalkan Deposit”

Anda dapat memeriksa riwayat transaksi pada bagian bawah menu deposit rupiah.

Setelah deposit Rupiah anda berhasil masuk ke wallet NusaX, anda dapat menggunakannya untuk membeli kriptocurrency seperti mameCoin (MAME)

 

Membeli MAME

Untuk membeli MAME menggunakan rupiah (IDR), klik “MARKETS” yang ada di bagian atas layar NusaX, lalu pilih tab “IDR” pada daftar market yang tersedia. Selanjutnya klik tulisan di sebelah logo mameCoin.

Tentukan di harga berapa rupiah MAME ingin dibeli pada kolom “PRICE” dan berapa MAME yang ingin dibeli pada kolom “AMOUNT”. Setelah itu klik tombol “BUY MAMECOIN” untuk melakukan order pembelian.

Pesanan (order) akan tercatat pada “MY ORDER” di bagian bawah layar. Untuk membatalkan pesanan, klik tombol “Cancel” berwarna merah di paling kanan daftar pesanan.

Jika order pembelian MAME yang telah dibuat cocok dengan permintaan pasar order tersebut akan hilang dari daftar “MY ORDER” dan riwayat pembelian MAME tersebut dapat dilihat di bagian kanan atas layar pada tab “MY HISTORY”. Tulisan “PRICE” yang berwarna biru menandakan pembelian MAME.

 

Menjual MAME

Untuk menjual MAME, sama seperti membeli MAME dapat diakses melalui “MARKETS” lalu ke  bursa “IDR” dan pilih “MAMECOIN”.

Selanjutnya tentukan di harga berapa akan menjual MAME pada kolom “PRICE” dan berapa jumlah MAME yang akan dijual pada kolom “AMOUNT” lalu klik tombol “SELL MAMECOIN”.

Pesanan (order) penjualan akan masuk pada “MY ORDER” di bagian bawah layar dan dapat dibatalkan dengan klik pada tombol “Cancel” di samping kanan daftar order.

Jika tawaran jual MAME cocok dengan keinginan pasar, MAME akan terjual dan order akan hilang dari daftar “MY ORDER”. Untuk cek penjualan dapat lihat di tab “MY HISTORY” di bagian kanan atas layar. Tulisan “PRICE” yang berwarna merah menandakan pejualan MAME

Sekian tata cara dasar menggunakan NusaX kali ini, tunggu update kami selanjutnya yah.