Tata cara gunakan indodax

Apa itu indodax?

Sesuai keterangan di website indodax.com, Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange) adalah tempat untuk membeli dan menjual berbagai macam Digital Asset di Indonesia. Digital Asset yang dimaksud seperti Bitcoin, Ethereum, dan sebagainya. Dulu, indodax.com ini bernama bitcoin.co.id, tetapi karena sekarang Digital Asset yang diperjualbelikan tidak hanya bitcoin, mereka melakukan rebranding agar lebih diterima oleh kalangan yang lebih luas.

Daftar indodax

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar di indodax.com

Akses https://indodax.com/ dari browser anda, klik “REGISTER AKUN”. Lalu anda diminta memasukkan informasi personal seperti nomor telepon untuk menerima SMS, alamat email untuk aktivasi akun dan password.Setelah itu klik “Lanjut Pendaftaran”. Anda diminta untuk memeriksa email yang telah anda daftarkan untuk aktivasi. Anda akan menerima email seperti gambar di bawah ini. Klik “AKTIVASI ACCOUNT” untuk mengaktivasi akun indodax anda.Setelah aktivasi akun berhasil, silahkan login dan selanjutnya anda akan diminta untuk memastikan bahwa nomor telepon yang telah anda daftarkan sudah benar.  Silahkan cek lagi nomor telepon tersebut, karena setelah konfirmasi, anda akan menerima sms berisi nomor pin untuk verifikasi.Setelah anda memasukkan nomor pin dengan benar, proses pendaftaran akun indodax selesai.

Walaupun anda sudah berhasil login ke Indodax, untuk memulai jual beli, anda harus melakukan verifikasi akun lagi dengan data-data seperti nama dan tanggal lahir sesuai kartu identitas (KTP). Seperti yang dikutip dari indodax.com, hal ini dibutuhkan untuk mencegah tindakan penipuan dan untuk mematuhi peraturan KYC (Know Your Customer) sesuai dengan regulasi yang berjalan di Indonesia. Data ini juga akan dipergunakan untuk verifikasi diri Anda apabila terjadi kasus-kasus seperti kehilangan handphone atau pindah alamat. Pada saat itu pihak Indodax akan meminta Anda untuk menyamakan data saat ini dengan data identitas yang sudah pernah Anda berikan.

Selain mengisi formulir data diri dengan benar, anda akan diminta untuk meng-upload scan atau foto kartu identitas seperti KTP, SIM atau Passport dan foto diri anda memegang tulisan “Verifikasi Beli Aset Digital di Indodax.com” beserta nama dan tanda tangan. Scan kartu identitas dan foto diri tidak boleh direkayasa secara digital.Setelah klik “KIRIM DATA”, anda akan diberitahu bahwa proses verifikasi memerlukan 1 sampai 12 jam. Cek email, anda akan menerima email pemberitahuan verifikasi berhasil dan anda bisa melakukan deposit dan penarikan dengan leluasa di Indodax.

Deposit

Setelah anda berhasil verifikasi akun, anda dapat memulai deposit. Harus diperhatikan bahwa deposit hanya bisa dikirim dari akun Bank dengan nama yang sama dengan nama yang anda daftarkan di Indodax.

Untuk melakukan deposit Rupiah, silahkan klik “Setor / Tarik Rupiah”

Selanjutnya, pilih tab “Setor Rupiah”. Mohon perhatikan baik-baik 2 hal berikut sebelum mentransfer rupiah untuk deposit. Nama rekening bank harus sesuai dengan yang terdaftar di Indodax dan jumlah yang ditransfer harus benar.

Selanjutnya, masukkan jumlah deposit yang diinginkan, bank sumber dana dan nomor rekening serta cara transfer menggunakan ATM, mobile atau lainnya.

Selanjutnya, anda akan diberitahu rekening tujuan untuk transfer. Perhatikan bahwa ada biaya transfer sebesar Rp.3,000. Jika anda transfer beda bank, mungkin ada biaya transfer lainnya. Sehingga jika anda transfer Rp.100,000, deposit maksimal yang akan anda terima hanya Rp.97,000.Setelah berhasil deposit, saldo rupiah anda akan bertambah.

Beli Cryptocurrency

Ada 2 cara untuk membeli cryptocurrency, dengan metode limit (tidak dikenakan biaya) dan dengan metode instan (dikenakan biaya sebesar 0.3%).

Membeli cryptocurrency dengan metode limit artinya membeli sesuai harga yang anda tentukan. Artinya pembelian cryptocurrency akan tereksekusi jika harga criptocurrency tersebut sesuai dengan yang anda tentukan. Lamanya tergantung dari pergerakan harga cryptocurrency tersebut. Bisa 1 hari tapi bisa juga 1 minggu atau lebih lama lagi. Anda dapat menmbatalkan (cancel) order pembelian ini jika belum tereksekusi.

Untuk melakukan pembelian dengan metode limit, anda dapat mengaksesnya melalui menu “Saldo Aset”, lalu klik tombol “Market” di cryptocurrency yang ingin anda beli, contohnya Bitcoin (BTC).

Selanjutnya anda dapat memasukkan berapa rupiah yang ingin anda tukar ke bitcoin (minimum Rp.50,000), dan berapa harga bitcoin yang ingin anda beli. Konfirmasi ulang rupiah dan harga bitcoin sebelum klik “Lanjutkan”.

Anda dapat membatalkan order pembelian bitcoin ini laman “Market” bitcoin, laman yang sama dengan pembelian Bitcoin dengan metode limit.

Untuk melakukan pembelian dengan metode instan (market) dapat diakses melalui tab “Beli / Jual Bitcoin Instan”. Langkah pertama cukup mengisi nilai Rupiah yang ingin ditukarkan ke bitcoin. Lanjutkan.

Langkah kedua anda diminta konfirmasi estimasi bitcoin yang akan diterima. Perhitungan estimasi ini belum tentu sesuai dengan yang akan anda terima karena bisa saja harga berubah saat diproses. Biaya menggunakan metode instan ini adalah 0.3% dari jumlah rupiah. Di step 3 lah anda menerima harga bitcoin yang dieksekusi.

Jual Cryptocurrency

Untuk menjual cryptocurrency pun sama dengan membeli, ada 2 cara. Metode limit (tanpa biaya) dan metode instan (biaya 0.3%).

Menjual cryptocurrency dengan metode limit dapat diakses dengan cara yang sama dengan menjualnya. Tab “Saldo Aset” lalu klik tombol “Market” di cryptocurrency yang anda inginkan, contohnya bitcoin. Step pertama isi total bitcoin yang ingin dijual dan tentukan di harga berapa anda ingin menjual. Step kedua anda diminta konfirmasi lalu selesai di step tiga.

Order kita akan pending sampai harga market sesuai dengan harga yang kita tentukan.Anda dapat membatalkan order pejualan bitcoin ini laman “Market” bitcoin, laman yang sama dengan penjualan Bitcoin dengan metode limit.

Untuk melakukan penjualan dengan metode instan (market) dapat diakses melalui tab “Beli / Jual Bitcoin Instan”. Langkah pertama cukup mengisi nilai Bitcoin yang ingin dijual untuk mendapatkan rupiah. Langkah kedua adalah konfirmasi estimasi Rupiah yang akan anda dapatkan. Dengan metode instan ini biaya yang dikenakan adalah 0.3% dari jumlah rupiah yang didapat dari menjual bitcoin. Jumlah Rupiah ini hanyalah estimasi dan bisa berubah sesuai harga bitcoin saat eksekusi.

Penarikan/mengirim Rupiah dan Cryptocurrency

Untuk memindahkan saldo Rupiah anda di akun Indodax ke rekening bank pribadi, anda dapat mengakses nya melalui tombol “Setor / Tarik Rupiah” di laman awal.

Selanjutnya arahkan ke tab “Tarik Rupiah”.

Anda dapat mengisi “Jumlah Penarikan”. Minimal penarikan yang diperbolehkan adalah Rp.100,000 dengan biaya penarikan minimal Rp.25,000 dan biaya SMS. Sehingga total yang anda terima bersih adalah minimal Rp.74,500. Anda dapat menghapus biaya SMS dengan menggunakan Google Authenticator.

Isi nama Bank dan nomor rekening anda. Jika anda belum menggunakan Google Authenticator, anda perlu mengisi PIN SMS yang anda terima di nomor telepon anda yang terdaftar di Indodax.

Untuk melakukan penarikan cryptocurrency, artinya anda mengirim cryptocurrency ke dompet (wallet) anda atau tempat perdagangan lainnya. Caranya adalah dengan mengakses dari tab “Saldo Aset” lalu klik tombol “Deposit / Withdraw” di cryptocurrency yang anda inginkan. Sebegai contoh adalah BTC, atau bitcoin. Untuk mengirim bitcoin terdapat jalan pintas seperti gambar di bawah.

Selanjutnya pilih tab “Kirim Bitcoin”, lalu sama seperti penarikan rupiah, anda diminta memasukkan jumlah BTC lalu “Terima Bersih” akan terisi sendiri setelah dipotong biaya SMS dan biaya penarikan. Atau jika anda mengisi “Terima Bersih”, jumlah BTC akan terisi secara otomatis setelah ditambahkan biaya SMS dan biaya penarikan. Sebelum menekan “Kirim”, pastikan alamat dompet anda sudah benar.

Sekian tata cara dasar menggunakan indodax.